Ads Top

Inilah Manfaat Keluarga Berry


Inilah Manfaat Keluarga Berry

Manfaat Keluarga Berry - Buah dari keluarga berry seperti strawberry, blueberry, blackberry, acai berry dan lainnya memang dikenal punya kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Kenali manfaat buah dari keluarga berry berikut untuk mendapatkan manfaatnya.

Jenis keluarga berry ini memang dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan. “Apa yang membuat berries begitu istimewa adalah adanya phytochemical yaitu nutrisi alami yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan,” kata ahli diet Nancy Copperman, MS, RD, CDN, Direktur Inisiatif Kesehatan Masyarakat untuk Kantor Kesehatan Masyarakat di North Shore – Long Island NY, seperti yang dilansir Everydayhealth.

Inilah Manfaat Keluarga Berry


Mmembantu Kelola Diabetes

Buah berry ini memang cukup manis, namun manisnya tentu tidak akan membuat lonjakan gula darah pada pengidap diabetes menjadi naik. Konsumsi buah utuh jauh lebih baik daripada dibuat jus. Karena kandungan gula dalam jus akan lebih tinggi dan serat justru akan menyusut.

Mencegah Parkinson

Orang yang makan setidaknya dua porsi buah dalam seminggu memiliki kesempatan 25 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit Parkinson. Menurut penelitian, kandungan flavonoid tinggi yang berlimpah dalam berry mengurangi risiko sebesar 40 persen.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bahkan orang-orang dengan risiko kuat untuk mewariskan penyakit jantung mungkin menemukan bahwa diet kaya buah-buahan dan sayuran mentah, dapat mengurangi kemungkinan mereka terkena serangan jantung, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLoS Medicine. Para peneliti mengamati pola makan dan angka serangan jantung di antara 27.000 orang dari berbagai latar belakang dan menemukan bahwa pemuatan buah-buahan dan sayuran tampaknya mengubah risiko genetik dan menghindarkan Anda dari penyakit jantung.

Pengendalian Berat

“Karena serat dan konten cair, berries memberi kita rasa kenyang,” ungkap Copperman. Dan perasaan kenyang merupakan bagian penting dari mengelola program diet Anda. “Biarkan kreativitas dapur menuntun Anda untuk bereksperimen dengan berries yang kaya gizi,” imbuhnya.

Tekanan Darah

Meskipun tidak ada uji klinis bahwa berry dapat melawan tekanan darah tinggi, ahli gizi dan dokter merekomendasikan diet tinggi buah-buahan segar dan sayuran untuk menjaga tekanan darah Anda. "Manfaat ini akan kembali ke sifat antioksidan buah, dan juga kecenderungan genetik Anda," kata Copperman.

Diet berry mungkin sangat membantu bagi orang-orang yang sejarah keluarganya sarat dengan risiko penyakit jantung (tekanan darah tinggi itu sendiri merupakan faktor risiko penyakit jantung). Senyawa kimia dalam buah melawan peradangan sistemik yang dapat menyertai tekanan darah tinggi, membantu untuk membuat tubuh Anda sehat secara keseluruhan.
 
Melawan Kanker

Flavonoid dikemas dalam berry, seperti blueberry dan raspberry. Penelitian yang dipublikasikan dalamJournal Farmasi dan Analisis Biomedis menunjukkan bahwa flavonoid dan senyawa lain yang ditemukan dalam berry dapat membantu mengurangi risiko kanker usus. Karena kanker diet pencegahan umumnya menekankan buah-buahan dan sayuran, termasuk berry tentu tidak akan merugikan. Sekali lagi, Copperman menekankan, manfaat mencegah kanker ditingkatkan oleh masuknya berbagai buah-buahan dan sayuran yang beraneka warna.

Sumber: okezone health

No comments:

Powered by Blogger.