Rabu, 30 Desember 2015

Kandungan daun Kelor dan manfaatnya

Kandungan daun Kelor dan manfaatnya - Sering kita mendengar istilah “Dunia tak selebar daun Kelor”. Apa makna dari istilah tersebut? Kira-kira maknanya adalah Dunia ini tidak sempit. Kenapa menggunakan daun kelor sebagai istilah? Mungkin karena daun kelor bentuknya yang bulat dan kecil-kecil. Meskipun daunnya kecil, daun Kelor dan manfaatnya sangat banyak.

Kelor merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Tumbuhan kelor mempunyai nama latin Moringa Oleivera termasuk dalam tumbuhan perdu yang memiliki ketinggian tanaman 7-11 meter.

Tanaman kelor dapat berkembang biak dengan baik pada daerah yang mempunyai ketinggian tanah 300-500 meter di atas permukaan laut. Bunganya berwarna putih kekuning kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunga kelor keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segi tiga memanjang yang disebut klentang (Jawa). Sedang getahnya yang telah berubah warna menjadi coklat disebut blendhok (Jawa).

Tanaman kelor oleh masyarakat Jawa banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar yang Kandungan daun Kelor dan manfaatnya sebagai obat-obatan.

Di beberapa daerah di Indonesia tanaman ini memiliki nama lain daun kelor yang berbeda-beda. Tanaman kelor sebutan di Jawa, Sunda, Bali dan Lampung. Nama lain daun kelor di pulau Buru menyebutnya Kerol, orang Madura menyebutnya Marangghi, daerah Flores menyebut dengan Moltong, daerah Gorontalo menyebut dengan Kelo, sementara daerah Bugis menyebut Keloro, masyarakat Sumba menyebut Kawano, orang Bima menyebut Ongge dan Timor-timur menyebut kelor dengan Hau fo.

Kandungan Daun Kelor dan manfaatnya


Berdasakan sebuah penelitian, daun kelor memiliki kandungan senyawa aktif yang diduga berfungsi sebagai obat, yaitu arginin, leusin, metionin dan beberapa senyawa lain. Dengan kandungan senyawa aktif tersebut menunjukkan daun Kelor dan manfaatnya sebagai antidiabet, antioksidan dan antitumor.

Dalam The Miracle of Drumstick Leaves diungkapkan kesetaraan, setiap lembaran kandungan daun Kelor dan manfaatnya sama dengan unsur tertentu buah atau minuman lain.

  • Vitamin C daalam Kandungan Daun kelor dan manfaatnya sama dengan 7 kali vitamin C dalam buah jeruk segar.

  • Kandungan vitamin A Daun Kelor sebanding dengan 4 kali vitamin A dalam buah wortel

  • Daun Kelor mengandung kalsium yang sama dengan 4 kali gelas susu

  • Kalium dalam kandungan Daun kelor dan manfaatnya sama dengan 3 kali kalium dalam pisang

  • Daun kelor mengandung protein 2 kali lipat dari dari yogurt atau protein dalam sebutir telur.

  • Daun kelor mengandung zat besi tiga perempat kali dari yang terdapat pada bayam.


Oleh karena itu, tidaklah berlebihan bila dikatakan bahwa gizi daun kelor mampu memenuhi hampir seluruh kebutuhan gizi manusia.

Daun Kelor dan manfaatnya bagi kesehatan


Berikut ini khasiat dan manfaat daun kelor dan cara membuat ramuan dari daun kelor sebagai obat tradisional untuk pengobatan dan kesehatan.

1. Daun kelor untuk diabetes dan kolesterol


Daun kelor untuk diabetes terbukti mampu menyembuhkan penyakit tersebut ini telah dibuktikan oleh Jaiswal Dolly, seorang peneliti dari Departemen Kimia Universitas Allahabad, India, ini menunjukkan bukti bahwa kandungan yang terdapat pada daun kelor lebih manjur menurunkan kadar gula darah dibandingkan dengan Glipizide.

Glipizide sendiri adalah obat yang biasa dianjurkan para dokter untuk mengobati kencing manis.
Ekstrak daun kelor ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah bagi mereka yang sudah dinyatakan memiliki kadar kolesterol tinggi serta menurunkan jumlah kolesterol yang tiba-tiba naik kembali.

Cara membuat ramuan tradisional daun kelor untuk obat diabetes

3-5 gagang daun kelor direbus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Kemudian, air rebusan disaring dan diminum dua kali sehari

2. Kandungan daun Kelor dan manfaatnya untuk obat sakit kuning


3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau.
Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata kemudian diminum. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

3. Obat Reumatik, Nyeri dan Pegal Linu


Manfaat daun kelor sebagai obat reumatik dan pegal linu. Dalam daun kelor, terdapat kandungan bernama pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks.

Cara pembuatan obat reumatik dan pegalinu dari daun kelor.

2-3 gagang daun kelor, dan 1/2 sendok makan kapur sirih dihaluskan kemudian membalutkannya diatas kulit bagian tubuh Anda yang terasa pegal. Diamkan agar kandungan dalam daun kelor meresap. Tandanya adalah ketika anda sudah mulai merasa hangat. Jika sudah begitu, nikmati terlebih dahulu kemudian Anda dapat membersihkannya setelah setengah atau satu jam setelah daun tadi bereaksi.

4. Kesehatan Mata


Daun kelor merupakan satu diantara banyak sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan inilah yang membuat daun kelor sangat ampuh dalam pencegahan penyakit mata. Bahkan, vitamin A dalam daun kelor juga mampu mencegah penyakit lain seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, penyakit jantung dan lain-lain.

Cara pengobatannya, 3 gagang daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan aduk sampai merata, diminum sebelum tidur.

5. Kandungan daun Kelor dan manfaatnya sebagai obat sakit mata


3 gagang daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air dan diaduk sampai merata. Kemudian didiamkan sejenak sampai ampasnya mengendap.
Air ramuan daun kelor tersebut digunakan sebagai obat tetes mata.

6. Susah buang air kecil


Kandungan daun Kelor dan manfaatnya untuk mengatasi susah buang air kecil.

Caranya1 sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama, dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring, diminum setiap hari.

7. Daun Kelor dan manfaatnya sebagai obat cacingan


3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring dan diminum.

8. Daun Kelor dan manfaatnya untuk alergi


1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya, direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.

9. Herpes (kurap), Bisul, dan Luka bernanah


3-7 gagang daun kelor ditumbuk sampai halus, ditempelkan pada bagian yang luka sebagai obat luar.

10. Untuk meredakan panas/demam anak


Untuk meredakan panas atau demam anak dengan cara membuat sayur bening daun kelor muda berikut buah mudanya. Panas atau demamnya akan reda. Mengenai rasa, setelah dimasak, daun kelor tak beda dengan daun katu, sedangkan buah mudanya mirip dengan rasa kacang panjang, namun lebih manis.

11. Menghilangkan flek pada wajah


Manfaat daun kelor bagi kecantikan salah satunya adalah dapat menghilangkan flek pada wajah.

Cara penggunaanya, Daun kelor muda digiling/ditumbuk halus, dijadikan bedak/ dicampur dengan bedak

12. Menghancurkan batu ginjal


Daun Kelor dan manfaatnya yang lain yaitu untuk meluruhkan batu ginjal. Mengonsumsi sayur dari daun kelor secara rutin selama sebulan, Insyaallah batu ginjal cepat luruh dan keluar bersama saat buang air kecil.

Selain daun kelor dan manfaatnya yang segudang bagi kesehatan ternyata bagian tanaman kelor lainnya juga tidak kalah khasiatnya untuk kesehatan.

Manfaat Akar kelor


Sebagai obat dalam, air rebusan akar kelor dapat menyembuhkan rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, dan gonorrhoea. Akar tanaman kelor ini juga dikenal sebagai pelaruh air seni, pelaruh dahak atau obat batuk, peluruh haid, penambah nafsu makan dan pereda kejang. Tumbukan halus akar kelor dapat dibuat bedak untuk tapel perut pada bayi yang baru lahir, pencegah iritasi kulit, obat penyakit kulit, serta sebagai parem untuk bengkak-bengkak pada penyakit beri-beri dan untuk pengobatan kaki yang terasa pegal dan lemah.

Manfaat Kulit Batang kelor


Berdasarkan hasil riset, kulit batang kelor mujarap sebagai penawar racun ular dan kalajengking. Selain itu, mengoleskan ekstrak kulit batang ekor, dapat mengatasi pembengkakan, sariawan, dan karang gigi.

Manfaat Buah kelor


Buah kelor diketahui mengandung zat alkaloida morongiona yang bersifat merangsang pencernaan makanan. Buah kelor juga dapat dimasak menjadi sayur asam yang lezat.

Manfaat bunga kelor


Air rebusan bunga kelor dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, flu dan cacingan.

Manfaat Biji kelor


Biji kelor dapat dipakai sebagai penjernih air. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik, obat-obatan, serta sumber minyak goreng nabati. Biji kelor yang telah kering mengandung 40 persen lemak tak jenuh sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif minyak sawit.

Demikian uraian Kandungan daun Kelor dan manfaatnya bagi kesehatan, Semoga bermanfaat.

 

Sumber


EmoticonEmoticon