Ads Top

Siapa yang tidak kenal tanaman jahe, terutama ibu-ibu yang biasa didapur pasti mengenalnya. Ternyata manfaat jahe merah bukan hanya untuk bumbu dapur, tetapi berkhasiat juga untuk menjaga kesehatan.

Mengutip dari Wikipedia.org, Jahe atau dalam bahasa inggris di kenal dengan ginger adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Jahe mempunyai nama ilmiah Zingiber officinale, dan termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Berdasarkan jenisnya, ada tiga jenis jahe yang populer di pasaran, yaitu:

1. Jahe gajah/jahe badak

Merupakan jahe yang paling disukai di pasaran internasional. Bentuknya besar gemuk dan rasanya tidak terlalu pedas. Daging rimpang berwarna kuning hingga putih.

2. Jahe kuning

Merupakan jahe yang banyak dipakai sebagai bumbu masakan, terutama untuk konsumsi lokal. Rasa dan aromanya cukup tajam. Ukuran rimpang sedang dengan warna kuning.

3. Jahe merah

Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri tinggi dan rasa paling pedas, sehingga cocok untuk bahan dasar farmasi dan jamu. Ukuran rimpangnya paling kecil dengan kulit warna merah, serat lebih besar dibanding jahe biasa.

Budidaya jahe merah semakin mendapat tempat di hati masyarakat, salah satu sebabnya ialah karena menanam jahe merah tergolong mudah dan praktis, namun hasilnya cukup menguntungkan. Budidaya jahe merah tidak banyak bergantung pada lokasi, cuaca, dan faktor-faktor lain. Bahkan, sekarang banyak yang membudidayakan jahe merah di dalam kantong atau polybag.

Dipasaran, harga jahe merah biasa dipatok lebih mahal dibanding jahe biasa. Tentu hal tersebut karena kandungannya yang lebih tinggi. Jahe merah biasa digunakan untuk pembuatan jamu tradisional. Hal tersebut dikarenakan jahe merah memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Khasiat dan manfaat jahe merah


Manfaat jahe merah bagi kesehatan sangatlah banyak dari mulai menyembuhkan penyakit yang ringan sampai mencegah penyakit yang berbahaya.

Apa saja manfaat dan khasiat jahe merah bagi kesehatan kita? Berikut beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh kita.


  1. Manfaat jahe untuk mengobati rematik




Manfaat dan khasiat jahe merah untuk menyembuhkan rematik. Selain menyembuhkan rematik, jahe merah juga mampu mengatasi masalah pegal linu yang kerap kali menyerang para pekerja berat.

Dalam jahe merah terdapat kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi bengkak pada sendi. Penyakit rematik atau encok dapat disembuhkan dengan menggunakan jahe merah.

Cara membuatnya, Siapkan jahe merah segar 20 gram, temulawak 20 gram, cabe jawa 20 gram, kumis kucing 30 gram, daun komfrey 30 gram, dan air untuk minum 4 gelas.Semua bahan dicuci bersih, rajang atau diiris tipis, lalu direbus. Tunggu hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian saring. Minum 2 kali pada pagi dan sore hari, sekali minum 1 gelas. Agar rasanya lebih segar, tambahkan 2 sendok makan madu dan perasan jeruk nipis.


  1. Manfaat jahe merah sebagai obat batuk




Khasiat dan manfaat jahe merah sebagai obat batuk. Jahe merah mengandung zat yang mampu membuat otot disekitar tenggorokan menjadi lebih lemas. Tak hanya itu saja, jahe merah juga mampu menciptakan rasa hangat didaerah tenggorokan. Itulah yang membuat jahe merah menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengatasi sakit batuk.

Selain untuk mengatasi batuk, jahe merah juga dapat mengatasi radang tenggorokan. Sifat dari jahe merah yang menghangatkan inilah yang dapat membantu menyembuhkan sakit batuk dan radang tenggorokan.

Anda dapat mengkonsumsi jahe merah dalam bentuk minuman hangat atau olahan jahe yang lain.


  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah




Kandungan dalam jahe merah yang sangat banyak sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh, salah satunya yaitu kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat yang ada dalam darah akan menghambat aliran darah. Salah satu manfaat dari jahe merah adalah melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat dalam tubuh akan hancur.


  1. Jahe merah menghilangkan jerawat




Tidak hanya untuk kesehatan, jahe merah juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat jahe merah untuk kecantikan yaitu dapat menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan jahe merah caranya sangat mudah. Jahe yang sudah dibersihkan pijatkan pada wajah sampai keluar cairan minyaknya kemudian tutup semua muka dengan irisan jahe merah.


  1. Manfaat jahe merah meredakan sakit kepala




Untuk meredakan sakit kepala dengan jahe merah caranya sangat mudah. Seduh jahe merah dengan air hangat atau hisap aroma jahe merah yang sudah dipotong-potong.

Konsumsi ramuan ini setidaknya 3 kali sehari maka mudah-mudahan migrain Anda hilang.


  1. Manfaat jahe merah membantu diet




Manfaat jahe merah yang lainnya yaitu dapat membantu diet. Manfaat jahe merah untuk diet ini bisa Anda dapatkan dengan cara meminum air jahe merah secara rutin. Jahe merah bisa membantu membakar lemak di perut dan mengurangi nafsu makan.


  1. Jahe merah mengatasi tulang keropos




Jahe merah mengandung senyawa yang mampu mengurangi resiko tulang keropos yang sering menyerang pria dan wanita di usia lanjut. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan cara rutin mengkonsumsi olahan berbahan jahe merah.

Ramuan jahe merah untuk mengobati tulang keropos adalah sebagai berikut. Siapkan Kayumanis 20gram, Kacang hijau 30gram, Merica 15gram, jahe merah segar 20gram, Kapulaga 10 gram dan 4 gelas air. Semua bahan tersebut dicuci hingga bersih kemudian ditumbuk, rebus hingga air rebusan menjadi 2 gelas dan jangan lupa untuk disaring agar ampas dari bahan-bahan tersebut terpisah. Minumlah 1 gelas di pagi hari dan 1 gelas di sore hari, agar rasanya lebih enak anda bisa menggunakan 2 sendok makan madu untuk campurannya.


  1. Manfaat jahe merah untuk mengatasi mabuk perjalanan




Khasiat dan manfaat jahe merah mampu mencegah mabuk kendaraan. Jahe merah mengandung zat yang mampu menetralisir zat-zat pemicu mabuk kendaraan. Ketika anda mengkonsumsi olahan jahe merah, perut akan terasa hangat. Aroma khas dari jahe merah juga mampu mengurangi sakit kepala.

Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual.


  1. Khasiat jahe merah untuk mengatasi asma




Siapkan jahe merah segar 20 gram, daun sambiloto 30 gram, daun randu 30 gram, daun lampes 20 gram, dan air untuk minum 4 gelas. Semua bahan setelah dicuci bersih, diiris atau dirajang kecil. Rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, lalu saring.Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas. agar rasanya segar, bisa ditambahkan madu dan perasan jeruk nipis.v


  1. Jahe merah bermanfaat mengatasi Stroke




Kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh lama-kelamaan akan menyumbat pembuluh darah dan akan menimbulkan stroke.

Cara membuat ramuan jahe merah untuk mengatasi stroke adalah sebagai berikut. Siapkan daun ciremai 30gr, jahe merah 30 gr, pule pandak 30gr, daun buah mengkudu 30gr, dan 5 gelas air. Setelah bahan-bahan tersebut dicuci hingga bersih, rebuslah dengan 5 gelas air tadi, sisakan hingga menjadi 2 gelas, dinginkan dan kemudian saring agar sisa-sisa rebusan terpisah.

Minum setengah gelas secara rutin 3x sehari, pagi, siang, dan sore hari.


  1. Khasiat jahe merah meningkatkan vitalitas pria




Selain dapat mengatasi stroke, jahe merah juga berkhasiat meningkatkan vitalitas pria. Cara untuk mengolah manfaat jahe merah sehingga menjadi ramuan ajaib adalah sebagai berikut.

Siapkan jahe merah 15 gram, gingseng 30 gram, cabe jawa 20 gram, lada hitam 20 gram, air untuk minum 4 gelas. Semua bahan dicuci, direbus hingga air rebusan tersisa 2 gelas kemudian disaring.Minum 2 kali pada pagi dan sore. Sekali minum 1 gelas. Bisa tambahkan kuning telur 1 butir dan 2 sendok makan madu murni. Aduk hingga merata sebelum diminum.


  1. Jahe merah menjaga kondisi jantung




Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan manfaat jahe karena di dalam tubuh memegang sebuah peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.


  1. Jahe merah mengatasi gangguan pencernaan




Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat ditepis dengan minum air jahe secara rutin.


  1. Manfaat jahe merah untuk ibu hamil




Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.


  1. Manfaat jahe mencegah kanker usus




Salah satu universitas yang terdapat di Amerika Serikat mengabarkan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).


  1. Manfaat jahe merah untuk mengobati alergi




Manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.


  1. Jahe merah untuk mengobati masuk angin




Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.


  1. Khasiat jahe merah meningkatkan sistem kekebalan tubuh




Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.


  1. Manfaat Jahe merah sebagai obat cacingan




Jahe merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah cacingan pada anak maupun orang dewasa. Caranya haluskan saja 60 gr jahe merah, kemudian campurkan dengan air hangat. Saring air tersebut dan kemudian masukan kedalam gelas, tambahkan satu sendok madu. Konsumsi wedang jahe merah tersebut tiga kali dalam sehari dan mudah-mudahan masalah cacingan yang Anda alami akan segera hilang.

Jahe memang sangat banyak manfaatnya, tapi perlu diperhatikan bagi penderita maag akut jahe merah tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan dalam jahe merah sangat kuat dan dapat menyebabkan lambung serasa terbakar.

Jadi, untuk Anda yang menderita sakit maag, jangan minum air jahe merah atau mengkonsumsinya terlalu banyak.

Demikian ulasan khasiat dan manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat

 

 

No comments:

Powered by Blogger.