Kamis, 21 Januari 2016

Khasiat dan manfaat susu kambing

Berbicara soal susu, orang biasanya langsung berpikir susu sapi atau susu kedelai. Tetapi tahukah Anda, kalau khasiat dan manfaat susu kambing lebih hebat dari kedua susu itu?

Mengutip dari wikipedia.org, susu kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari dihasilkan susu kolostrum yang mengandung sangat banyak zat gizi jika dibandingkan dengan susu sapi.

Susu kambing merupakan minuman terbaik di dunia setelah ASI dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia. Selain itu, susu kambing terutama jenis susu kambing etawa mengandung sumber nutrisi atau gizi yang kaya akan lemak baik, protein, enzim, mineral dan vitamin.

Susu kambing etawa memiliki komposisi dan struktur gizi susu kambing sangat mirip dengan ASI, sehingga lebih mudah dicerna dan berasimilasi (berbaur) dalam tubuh manusia seperti ASI. Susu kambing etawa juga mengandung sumber nutrisi atau gizi yang kaya akan lemak baik, protein, enzim, mineral dan vitamin.

Kandungan susu kambing


Dari hasil penelitian para ahli, bahwa kandungan susu kambing adalah kalium (potassium) yang sangat bermanfaat menstabilkan tingginya tekanan darah, mengatur fungsi kerja jantung dan menekan resiko terkena arteriosclerosis dan mengurangi seseorang mengalami resiko terkena penyakit stroke dan jantung.

Di setiap 100 gram susu kambing etawa mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol.

Dengan rutin memberikan susu kambing etawa kepada anak, akan memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf yang bisa membantu kecerdasan.

Asam amino yang mengandung unsur belerang metionin, sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah penawar racun (detoksifikasi) bahan bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Keunggulan susu kambing etawa dibanding susu lainnya :

  1. Mempunyai sifat antiseptik alami dan bisa membantu menekan pembiakan bakteri dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya Fluorin yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi.

  2. Bersifat basa (Alkaline Food) sehingga aman bagi tubuh.

  3. Proteinnya lembut, efek laktasenya ringan, sehingga tidak menyebabkan diare.

  4. Lemaknya mudah dicerna karena mempunyai tekstur yang lembut dan halus lebih kecil dibandingkan dengan butiran lemak susu sapi atau susu lainnya. Dan juga bersifat homogen alami. Hal ini mempermudah untuk dicerna sehingga menekan timbulnya reaksi-reaksi alergi. Susu kambing etawa dapat dicerna oleh manusia 20 menit lebih cepat dari pada susu lainnya.


Khasiat dan Manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan


Susu kambing etawa dipercaya memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan. Hal itu didasarkan pada penelitian yang mengatakan bahwa susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap. Diantaranya, fosfor, kalsium, sodium dan flourin. Oleh karena itulah, susu kambing etawa diklaim memiliki manfaat yang hampir setara dengan ASI.

Dengan melihat kandungan nutrisi yang sangat beragam dan komplit, tidak mengherankan jika manfaat susu kambing etawa juga terbilang banyak dan bermacam-macam.

Apa saja manfaat susu kambing etawa tersebut? Berikut ulasannya tentang manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan.


  1. Memiliki sifat anti-inflamasi alami




Susu kambing etawa dihomogenisasi secara alami. Gelembung-gelembung lemak yang terdapat pada susu kambing etawa ini dapat memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah pencernaan dan penyerapan makanan oleh tubuh.

Nah, bagi orang yang menderita masalah usus atau gangguan percernaan yang disebabkan oleh inflamasi, susu kambing etawa sangat bagus untuk dikonsumsi. Sifat probiotik yang terdapat dalam susu kambing etawa dapat mendorong pengembangan sistem pencernaan yang lebih baik.


  1. Mengandung asam lemak esensial




Susu kambing etawa mengandung sekitar 35% asam lemak lebih tinggi bila dibandingkan dengan susu sapi yang hanya memiliki 17%. Di samping itu, susu kambing etawa lebih terasa khasiatnya jika diminum dalam keadaan masih mentah, bahkan bagi mereka yang tidak toleran laktosa. Susu kambing etawa juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Asam lemak antimikroba seperti kaprilat dan asam kaprat ditemukan dalam susu kambing etawa juga berguna untuk memperbaiki sistem pencernaan.


  1. Memperbaiki sistem pencernaan




Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, susu kambing etawa sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Susu ini memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan Anda dan menekan rasa lapar secara efektif sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tidak adanya protein kompleks dalam susu kambing etawa membuat susu ini kurang alergi bila dibandingkan dengan susu sapi.


  1. Tidak menyebabkan alergi




Banyak orang mengeluhkan bahwa susu sapi ternyata dapat membuat mereka alergi dan rentan terhadap penyakit pernapasan. Namun Anda jangan khawatir, susu kambing etawa merupakan alternatif yang sangat ampuh dan mujarab untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan lemak yang tinggi dalam susu sapi merupakan penyebab terjadinya penumpukan lendir yang memicu alergi. Gelembung-gelembung lemak yang terdapat dalam susu kambing etawa hanya sepersembilan dari lemak yang ada dalam susu sapi. Oleh karena itu, iritasi pada usus Anda karena mengkonsumsi susu dapat dihindari.


  1. Bertindak sebagai agen metabolik




Penelitian dan studi yang dilakukan pada susu kambing etawa menyimpulkan bahwa susu kambing etawa berhubungan erat peningkatan kemampuan untuk menyerap zat besi dan tembaga, terutama pada orang yang memiliki sistem pencernaan yang terganggu.


  1. Manfaat susu kambing untuk osteoporosis




Biasanya orang yang mengalami osteoporosis akan mengkonsumsi susu sapi untuk meningkatkan asupan kalsium. Tidak ada salahnya sekarang beralih ke susu kambing, karena susu kambing etawa sangat kaya akan kalsium dan asam amino triptofan. Kalsium, sangat membantu pertumbuhan, memadatkan tulang, mencegah osteoporosis dan pengapuran tulang untuk orang yang sudah mulai beranjak lansia.


  1. Sebagai nutrisi baik dan alami




Kambing dikenal sebagai hewan sodium bio-organik sebab berkhasiat untuk meningkatkan semangat, fleksibilitas dan vitalitas bagi orang yang gemar mengkonsumsi susu kambing. Sodium bio-organik merupakan elemen yang menjaga persendian tetap lentur dan sehat. Selain itu, susu kambing etawa juga banyak digunakan sebagai obat untuk memelihara dan regenerasi sistem saraf.


  1. Dapat mengobati penyakit TBC dan Asma




Manfaat Susu kambing etawa juga baik bagi penderita penyakit pernafasan seperti Asma, TBC, Bronkitis, Infeksi Paru-paru., karena mengandung flourin + betakasein yang baik untuk penderita asma, TBC, bronchitis, dan pneumonia;


  1. Baik untuk ibu hamil dan menyusui




Manfaat susu kambing etawa yang lain sebagai gizi tambahan bagi ibu hamil dan menyususi.

  • Manfaat susu kambing bagi ibu hamil – Susu Kambing berperan membantu pembentukan dan perkembangan bayi semasa dalam kandungan. Konsumsi dua gelas Susu Kambing saat awal kehamilan bermanfaat membantu proses tumbuh kembangnya janin dan membantu perkembangan otaknya. Juga bermanfaat untuk menjaga stamina dan mencegah kondisi lemas serta kurang bertenaga.

  • Manfaat susu kambing buat ibu menyusui – Sangat memerlukan nutrisi agar dapat menyusui bayi dengan sempurna. Susu ibu merupakan makanan yang terbaik untuk bayi, namun kebanyakan ibu terpaksa menghentikan penyusuan karena aliran susu semakin sedikit sedangkan bayi memerlukan susu yang lebih seiring perkembangannya. Minum 2x sehari dapat membantu meningkatkan produksi ASI, jika bayi sudah berusia 6 bulan, Susu Kambing dapat diberikan sesuai kebutuhan bayi.




  1. Manfaat susu kambing untuk kecantikan




Tahukah Anda bahwa susu kambing etawa ternyata dapat digunakan sebagai masker wajah dan lulur. Cara ini berguna untuk menghaluskan kulit serta mengecilkan pori-pori wajah sehingga terbebas dari berbagai masalah kulit seperti jerawat. Dan sekarangpun banyak beredar sabun susu kambing untuk kecantikan.

Manfaat Susu Kambing Etawa lainnya

  1. Susu kambing bermanfaat membantu mengobati alergi pada kulit dan organ tubuh lainnya. Lactoglobulin, berfungsi untuk penahan protein yang disebabkan alergi.

  2. Susu kambing berkhasiat stamina dan daya tahan tubuh bagi yang kekurangan darah (anemia) dan wanita yang sedang haid, cynokobalamin sebagai pembentuk zat HB bagi penderita talasemia, demam berdarah, dan anemia.

  3. Berkhasiat untuk penderita kelainan fungsi ginjal atau dalam dunia medis disebut dengan Nephbrotic Syndrom.

  4. Manfaat susu kaming lainnya sebagai obat terapi penyembuhan asam urat

  5. Membantu untuk memberikan asupan nutrisi dan gangguan metabolisme tubuh lainnya.

  6. Membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung yang berlebihan, mengandung mineral alkaline yang berfungsi untuk penyembuhan maag kronis;.

  7. Mengatasi masalah impotensi/ frigiditas serta meningkatkan vitalitas pria dan wanita dewasa. sehingga tetap semangat dan tidak mudah capek.

  8. Membantu mengurangi keluhan yang diakibatkan sakit kanker. Enzim xanthine oxydase dan niasin (vitamin B3) yang berfungsi mengatasi sel kanker atau tumor dan juga bisa mengurangi efek toksin kemoterapi.

  9. Memperbaiki kondisi jaringan lemak sehingga dapat menghaluskan kulit.

  10. Mengandung Zincum (Zn) yang berfungsi membentuk sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

  11. Medium Chain Trygliseride (MCT) yang berguna bagi program diet dan penyembuhan akibat stroke.

  12. Kalium, berfungsi menstabilkan dan menormalkan tekanan darah, sehingga sangat tepat untuk penderita arteriosclerosis, penderita tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

  13. Kandungan A2-betakasein dan Asam Amino Esensia, berfungsi untuk membantu kerja pancreas sebagai penghasil dan pembentuk insulin yang berguna bagi penderita diabetes / kencing manis.

  14. Riboflavin (Vit B2) dan (B3) yang berfungsi menumbuh kembangkan sel otak dan sel system saraf sehingga baik bagi kecerdasan anak dan menurunkan frekuensi serangan migrain.


Itulah segudang manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan. Susu kambing etawa merupakan pilihan yang tepat dan menyehatkan terutama ketika dikonsumsi mentah.

Cara mengolah susu kambing etawa juga cukup mudah, usai diperah susu disaring sebanyak 4 kali lalu dimasak hingga mendidih untuk menambah kelezatan susu bisa ditambahkan jahe dan gula aren. Susu kambing bubuk juga banyak dijual dipasaran.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon