Ads Top

Gejala kanker payudara stadium awal

Gejala kanker payudara stadium awal, Kanker payudara atau ada yang menyebutnya karsinoma payudara merupakan tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara. Kanker payudara sering menyerang atau terjadi pada kaum wanita tetapi tidak menutup kemungkinan jika kanker ini menyerang pada kaum pria juga, meski dalam kasus jarang terjadi.

Lapisan dalam saluran susu atau lobulus, merupakan daerah yang sering diserang. Saluran lobulus adalah berfungsi sebagai pemasok susu. Kanker yang berasal dari saluran susu dikenal sebagai karsinoma duktal, sedangkan yang berasal dari lobulus lebih dikenal sebagai karsinoma lobular.

Di negara maju, persentase penderita penyakit kanker payudara menduduki peringkat pertama dibandingkan dengan jenis kanker lainnya. Sedangkan penyakit kanker payudara di Indonesia, menduduki urutan kedua setelah kanker serviks.

Melihat persentase penderita yang begitu banyak, tidak ada salahnya kita terutama kaum wanita untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kanker payudara, cara deteksi dini, cara menghindari kanker payudara serta bagaimana melihat ciri dan gejala kanker payudara.

Penyakit kanker payudara dapat menyerang segala usia, tetapi menurut sebuah penelitian 1 dari 231 wanita usia sampai 39 tahun rentan terserang penyakit ini. Sedangkan wanita usia 40 sampai 59 tahun, 1 dari 25 orang berisiko terserang kanker payudara. Dan pada usia 60 sampai 79 tahun, persentasenya menjadi 1 dari 15 wanita sangat berisiko menderita kanker payudara.

Beberapa faktor yang mempengaruhi terkena kanker payudara


Belum diketahui secara pasti yang menjadi penyebab kanker payudara, tetapi beberapa hal ini bisa menjadi faktor pendukung risiko seseorang menderita penyakit kanker payudara:

  • Sejarah atau riwayat keluarga menderita kanker payudara, baik ibu atau saudara perempuan yang lain, maka ada potensi risiko terserang penyakit kanker payudara.
  • Para wanita yang belum pernah hamil.
  • Kehamilan anak pertama, usia diatas 30 tahun.
  • Wanita yang menstruasi pertama berusia di bawah 12 tahun dan menopause setelah berusia 55 tahun berpotensi terserang kanker payudara.
  • Penggunaan pil KB.
  • Obesitas atau kegemukan setelah menopause
  • Berbagai penelitian menyebutkan paparan bahan kimia seperti estrogen (bahan kimia yang dipakai dalam pestisida dan produk industri lain) disinyalir dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
  • Penggunaan DES (dietilstilbestrol). Perempuan yang menggunakan DES dalam mencegah keguguran mempunyai risiko terkena kanker payudara lebih tinggi.
  • Usia, wanita berusia 40 tahun keatas rentan terkena kanker payudara.
  • Riwayat keluarga yang pernah menderita penyakit kanker ovarium.
  • Sering mengonsumsi minuman beralkohol juga menambah daftar risiko kanker payudara.
  • Dalam penelitian terbaru dilaporkan perempuan yang memulai merokok 5 tahun lebih awal periode menstruasi, 70 % lebih rentan terkena kanker payudara.

Perlu digarisbawahi bahwa beberapa factor yang telah disebutkan diatas tidaklah selalu pemicu kanker payudara, namun seringkali riwayat hidup penderita kanker payudara berkaitan dengan beberapa faktor tersebut.

Gejala kanker payudara stadium awal


Ada beberapa ciri dan tanda yang bisa menunjukkan seseorang mempunyai gejala kanker payudara. Berikut ini tanda dan gejalanya kanker payudara:

  1. Tanda atau gejala paling umum kanker payudara adalah adanya benjolan keras pada bagian payudara meskipun tidak sakit kalau dipegang.
  2. Kanker payudara yang tumbuh dalam saluran susu, pendarahan dapat terjadi pada puting susu, sehingga akan muncul luka di sekitar puting susu yang disertai cairan darah atau nanah yang keluar dari puting susu.
  3. Bentuk dan ukuran payudara akan berubah. Puting susu akan ketarik ke dalam, sehingga seperti lesung pipit bisa menjadi tanda tanda kanker payudara.
  4. Tanda atau ciri lain, adalah benjolan diketiak atau pembengkakan pada payudara.
  5. Puting susu merasa seperti gatal, terasa terbakar.
  6. Adanya kerutan-kerutan seperti jeruk purut di kulit payudara.
  7. Pada stadium lanjut nyeri tulang akan bisa dialami, berat badan turun, terjadi pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.

Jika Anda mengalami tanda dan gejala seperti di atas, segera periksakan ke dokter atau ahli kesehatan lainnya. Karena deteksi dan pengobatan kanker payudara secara dini merupakan Cara mencegah kanker payudara dan lainnya berkembang lebih parah dan akan membantu proses penyembuhan semakin cepat.

Apa yang harus dilakukan para wanita untuk mencegah timbulnya kanker payudara? Bebrapa langkah berikut ini bisa menjadi langkah pencegahan kanker payudara.

  • Lakukan deteksi secara dini dengan pemeriksaan sendiri setiap bulan setelah masa haid dan pemeriksaan secara klinis dengan mammografi dan biopsi.
  • Hindari daftar makanan berlemak tinggi.
  • Penggunaan obat atau alat kontrasepsi yang mengandung hormon harus atas petunjuk dokter.
  • Menyusui bayi selama mungkin (sekitar 2 tahun).
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta kedelai.

Bagi Anda yang sudah merasakan tanda atau gejala kanker payudara sebaiknya, segera hubungi dokter atau ahli kesehatan lainnya. Semakin dini penangananya akan semakin naik agar segera dilakukan tindakan pengobatan secepatnya.

Pengobatan kanker payudara dengan cara medis, biasanya dilakukan dengan operasi kanker payudara. Tetapi kendala pengobatan secara media adalah mahalnya biaya operasi kanker payudara.
Sebagian orang memilih Cara mengobati kanker payudara tanpa operasi yaitu megonsumsi ramuan tradisonal sebagai obat kanker payudara secara alami. Banyak tanaman obat yang bisa dijadikan obat tradisional kanker payudara ampuh, diantaranya dengan memanfaatkan Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak untuk Kanker.


Demikianlah bahasan Gejala kanker payudara stadium awal Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.