Ads Top

Khasiat dan manfaat buah jeruk sebagai obat alami

Khasiat dan manfaat buah jeruk sebagai obat alami

Khasiat dan manfaat buah jeruk sebagai obat alami – Jeruk merupakan buah yang sangat familiar dengan kita. 99% orang didunia pasti telah merasakan manis asemnya dari buah jeruk. Buah jeruk sangat terkenal dengan kandungan vitamin C nya? Selain dari kandungan vitamin C apalagi yang kita dapatkan dari khasiat dan manfaat buah jeruk? simak dan baca terus.

Khasiat dan manfaat buah jeruk yang perlu Anda tahu

• Menghindari radikal bebas

Vitamin C mempunyai peranan sebagai anti-oksidan dalam tubuh, akan melindungi kulit dari radikal bebas. Memperkuat sel-sel kulit, meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih elastis.

• Menghilangkan kulit mati dan jerawat

Kandungan asam yang terdapat pada vitamin C Jeruk juga mampu menipiskan tumpukan kulit mati yang menimbun kulit. Dengan menipisnya kulit yang mati, hambatan pori-pori dapat berkurang. Hal ini terutama baik untuk jenis kulit berminyak/berjerawat.

• Membangkitkan semangat

Wangi jeruk yang segar bisa membuat anda lebih semangat. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa badan lemas dan kurang bersemangat. Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma jeruk. Aroma eruk nipis sangat baik untuk membangkitkan semangat.Sebaliknya, jika Anda merasa tubuh anda lelah setelah beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat memberikan Anda penenangan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya dapatkan manfaatnya dari aroma tersebut.

• Mengatasi kaki bengkak

Potongan jeruk, terutama jeruk sitrun atauoun lemon, bisa membantu Anda mengatasi masalah kaki membengkak, terutama jika terlalu lelah. Bersihkan dan seka bagian kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.

• Menyejukkan kulit kepala

Di hari yang sangat panas, cobalah cara berikut untuk menyejukkan kepala Anda. Buatlah ramuan tonik rambut dengan campuran sari jeruk nipis atau lemon. Simpan di lemari es sampai terasa sejuk, gunakan ini untuk kepala dan pijit-pijitkan dengan gerakan memutar. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu mengendalikan ketombe Anda.

• Manfaat buah jeruk sebagai obat demam alami

Cara membuat ramuan obat demam alami dengan jeruk nipis adalah Jeruk nipis dibelah dan dicampur dengan daun kencur dan pepaya. Ketiga bahan tersebut direbus dengan tiga gelas air (prefer air hangat). Rebus ramuan obat alami hingga tersisa satu gelas dan saring airnya selanjutnya minum tiga kali sehari sebanyak setengah gelas.

Baca juga : Kenali dan Waspadai Gejala Demam Berdarah

Itulah Sebagian Khasiat dan manfaat buah jeruk sebagai obat alami. semoga bermanfaat

No comments:

Powered by Blogger.