Obat Alami K-Muricata

author photo
Makanan dan Minuman Bagi Penderita Demam Berdarah

Makanan dan Minuman Bagi Penderita Demam Berdarah. Demam Berdarah atau Dengue Fever adalah salah satu infeksi yang disebabkan oleh penyebaran virus oleh nyamuk Aedes Aegeypti yang mengakibatkan seseorang terkena infeksi oleh virus tersebut. Tanda-tanda umum yang terjadi pada seseorang yang terserang virus ini diantaranya demam tinggi, munculnya bercak merah pada kulit dan juga rasa nyeri yang muncul pada bagian persendian.

Makanan dan Minuman Bagi Penderita Demam Berdarah

Penyebab seseorang terkena DBD yaitu karena virus yang dibawa oleh nyamuk jenis Aedes Aegypti. Meskipun DBD tidak menular melalui kontak manusia dengan manusia, namun apabila nyamuk ini telah menggigit seseorang yang telah terinfeksi oleh virus tersebut kemudian menggigit kembali orang lain maka orang yang tadinya tidak terinfeksi virus dengue dapat terjangkit virus dengue tersebut.

Baca :

Namun makanan dibawah ini dipercaya ampuh dalam menangkal demam berdarah, berikut daftar makanan dan minuman untuk penderita DBD dibawah ini :

  1. Jeruk
    Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk dipercaya mampu menambah antibodi dalam tubuh sehingga tubuh dapat melakukan pemulihan dengan lebih cepat. Selain daripada itu jeruk juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan seseorang termasuk pasien demam berdarah.

  2. Daun Pepaya
    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Institute For Medical Research (IMR) menjelaskan bahwa daun pepaya dapat menjadi salah satu penyembuh demam berdarah. Namun daun pepaya tersebut tentu saja tidak secara langsung dapat menyembuhkan penderita DBD, namun daun pepaya dapat menjadi salah satu pendukung yang bertujuan sebagai salah satu yang dapat mempercepat proses pemulihan DBD.

  3. Bubur
    Salah satu makanan yang dipercaya ampuh mengembalikan kondisi pasien demam berdarah sehat kembali yakni dengan mengkonsumsi bubur. Manfaat dari bubur ini banyak sekali, selain daripada itu bubur juga merupakan makanan lunak yang mampu dicerna dengan mudah oleh pencernaan orang yang sedang sakit.

  4. Teh herbal
    Selain itu teh herbal juga ampuh bagi pasien yang menderita demam berdarah, teh herbal bisa menjadi pilihan sebagai minuman yang bisa dikonsumsi untuk meredakan demam berdarah. Ini karena didalam teh herbal biasanya terdapat kandungan jahe dan juga kapulaga.

  5. Air Kelapa
    Biasanya penderita demam berdarah akan mudah mengalami dehidrasi maka dari itu air kelapa dapat menjadi sumber pemasok cairan pada tubuh. Sehingga air kelapa akan mengisi ulang elektrolit dan juga mineral yang hilang ketika tubuh karena dehidrasi.

  6. Jus Sayuran
    Makanan lain yang baik untuk penderita DBD adalah jus sayuran. Jus sayuran ini bisa dibuat dari campuran mentimun, wortel dan juga sayuran hijau dari jenis yang lainnya. Banyak ahli yang telah mengungkapkan bahwa kandungan banyak nutrisi pada jus yang terbuat dari jus sayuran sangat bermanfaat untuk mengambilkan kondisi pasien demam berdarah pada kondisi normal.

  7. Jus Buah
    Ada banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C. Sehingga kandungan vitamin C pada buah tertentu saja. Sistem kekebalan tubuh manusia membutuhkan asupan vitamin C selain itu pembentukan hormon adrenal juga membutuhkan vitamin C.

  8. Susu
    Dalam susu terkandung berbagai macam nutrisi diantaranya kandungan protein, mineral kompleks dan juga vitamin yang dapat membantu penderita demam berdarah untuk memerangi virusnya.

  9. Sup
    Pada umumnya penderita demam berdarah akan merasakan nyeri pada bagian persendian, sehingga konsumsi sup dipercaya ampuh untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi yang diakibatkan oleh virus ini.

  10. Jus Lemon
    Jus lemon memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun pada tubuh yang diakibatkan oleh virus demam berdarah ini.

Beberapa jenis makanan dan minuman bagi penderita demam berdarah diatas bisa dikonsumsi sebagai penangkal virus yang mengakibatkan DBD. Tentu saja jika mengkonsumsi makanan tersebut juga harus tetap memperhatikan berbagai faktor penyembuh lain seperti istirahat dengan cukup, melakukan perawatan secara intensif agar tubuh tetap bisa mempertahankan diri dari serangan virus.

Selain itu, lingkungan menjadi faktor penting yang harus dijaga untuk mencegah terjadinya penularan virus dengue ini. Menutup, menguras dan menimbun merupakan beberapa pencegahan yang harus senantiasa dilakukan. Ini diarenakan nyamuk Aedes Aegypti dapat dengan mudah berkembang biak. Perlu diketahui nyamuk Aedes Aegypti biasanya berkembang biak pada penampungan air bersih yang tidak berhubungan langsung dengan tanah, misalnya : bak mandi, minuman burung, air gentong, air tendon, talang air, ban bekas, kaleng dan media sejenis lainnya.

Jadi pencegahan dengan 3M merupakan langkah pencegahan yang masih harus dilakukan karena vaksin untuk menangkal DBD belum ditemukan. Mari jaga lingkungan agar tetap menjadi teman baik manusia.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Obat Alami