Obat Alami K-Muricata

author photo
Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Penyakit TBC

Pantangan dan Anjuran Makanan Penderita Penyakit TBC. Sebelum membahas mengenai pantangan dan anjuran makanan penderita penyakit tbc sebaiknya anda mengetahui dahulu tentang penyakit TBC (tuberculosis) berikut ini.

Penyakit TBC merupakan penyakit menular yang berpotensi menjadi serius yang terutama memprngaruhi paru-paru anda. Bakteri yang menyebabkan TBC dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui tetesan kecil yang dilepaskan ke udara melalui batuk dan bersin. Dewasa ini TBC jarang dijumpai di negara-negara maju, namun infeksi tuberculosis mulai meningkat pada tahun 1985, karena munculnya HIV, virus penyebab AIDS. HIV melemahkan sisitem kekebalan tubuh seseorang sehingga tidak bisa melawan kuman TBC.

Baca :

Pantangan Makanan Untuk Penderita TBC

Berikut ini beberapa yang menjadi makanan pantangan untuk penderita penyakit TBC (Tuberculosis):
  1. Gula Harus dan Gula Olahan
    Penderita tbc harus menghindari makanan yang menggunakan gula halus atau dari gula olahan. Seperti : Roti putih, Gula putih, Sereal, Makanan manis seperti kue dan puding.

  2. Saus
    Saus yang kaya akan natrium dan gula. Kita bisa menjadikan saus apel dan saus cranberry sebagai solusi alternatifnya.

  3. Teh dan Kopi
    Mungkin ada orang yang bertanya, mengapa teh dan kopi tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki keluhan penyakit tbc. Hal ini karena teh dan kopi mengandung kafein, sedangkan kafein adalah stimulan tbc. Tapi menurut university of maryland center, teh hijau bebas dari kafein dan dapat dijadikan sebagai minuman pengobatan untuk membantu mengatasi penyakit TBC karena mengandung antioksidan.

  4. Acar
    Acar harus dihindari oleh penderita TBC. Acar banyak mengandung banyak natrium. Karena asupan pada penderita penyakit tbc  harus dibatasi, sebaiknya 1-2 ons acar mengandung 850 miligram natrium.

  5. Alkohol
    Penderita tbc dilarang keras mengkonsumsi minuman beralkohol, karena itu akan semakin memperparah penyakit tbc yang sedang diderita.

Selain harus menjauhi atau mengurangi makanan diatas penderita tbc juga harus mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang sudah menjadi anjuran untuk penderita penyakit tbc.

Baca :

Anjuran Makanan Untuk Penderita Penyakit TBC

Anjuran Makanan Untuk Penderita Penyakit TBC (Tuberculosis)
  1. Buah dan Sayuran
    Makanlah berbagai macam buah segar dan sayuran setiap hari, namun tetap dalam jumlah kalori yang direkomendasikan dokter. Pilih sayuran yang berbeda dari berbagai jenis seperti sayuran hijau tua, Sayuran berwarna oranye, dan Kacang-kacangan.

  2. Susu
    Kalsium dalam susu sangat penting untuk membangun kesehatan tulang pasien TBC.

  3. Daging
    Jika mengkonsumsi daging, pilihlah daging yang tanpa lemak atau rendah lemak. Jagalah asupan total lemak dan minyak antara 25-30% kalori harian yang ditemukan dalam makanan seperti ikan, kacang-kacangan dan minyak sayur.

  4. Kaya Protein
    Makanlah berbagai jenis macam makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangab dan biji-bijian.

  5. Makanan Ringan
    Makanlah makanan kecil sepanjang hari dengan rentang waktu yang singkat. Pastikan agar tubuh mendapat cukup asupan cairan dan garam dalam makanan. Makanan untuk penderita TBC harus sederhana, dipersiapkan dengan baik dan mudah dicerna. Makanan yang lebih berat baru dapat diberikan kepada penderita tbc setelah kondisinya sudah sangat membaik.
Itulah beberapa jenis pantangan dan anjuran makanan untuk penderita penyakit tbc. Jalani pola makan dan gaya hidup yang lebih sehat, demi menghindari resiko penyakit TBC yang berbahaya terhadap kesehatan tubuh.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Obat Alami